AL-MAHALLI

Jalaluddin al-Mahalli adalah seorang ulama terkemuka dari Mesir yang lahir pada tahun 1389 Masehi. Beliau dikenal sebagai ahli tafsir, fikih, kalam, nahwu, mantiq dan berbagai cabang ilmu lainnya. Beliau adalah salah satu penulis Tafsir al-Jalalain, sebuah karya tafsir yang sangat populer dan banyak dipelajari hingga saat ini.

Beliau belajar dari banyak guru besar di zamannya, seperti Jalaluddin al-Bulqini, Burhanuddin al-Baijuri, Waliyuddin al-Iraqi dan lain-lain. Beliau juga mengajar di beberapa madrasah terkenal di Kairo, seperti al-Muayyadiyyah dan al-Barquqiyah. Kuliah-kuliah beliau dihadiri oleh para ulama dan pelajar dari berbagai tempat.

Beliau memiliki banyak karya tulis yang bermanfaat di bidang tafsir, fikih, ushul fikih, aqidah dan lain-lain. Di antaranya adalah Tafsir al-Jalalain, Kanz al-Raghibin, Sharh al-Minhaj dan lain-lain. Tafsir al-Jalalain adalah karya tafsir yang beliau mulai menulis pada tahun 1459 Masehi dan diselesaikan oleh muridnya Jalaluddin as-Suyuti setelah beliau wafat pada tahun 1460 Masehi. Tafsir ini terkenal dengan gaya bahasanya yang sederhana, ringkas dan mudah dipahami.



Kitab Tafsir Jalalain memiliki beberapa keistimewaan yang menjadikannya mudah dipelajari dan dimengerti oleh para pembaca. Di antaranya adalah:

- Kitab ini menggunakan metode tafsir bi al-ma'tsur, yaitu menafsirkan ayat-ayat Al-Quran dengan menggunakan dalil-dalil yang bersumber dari Al-Quran itu sendiri, hadis Nabi Muhammad SAW, perkataan sahabat, tabi'in, dan ulama salaf.

- Kitab ini menggunakan bahasa Arab yang sederhana, jelas, dan ringkas. Penulisnya tidak banyak menggunakan istilah-istilah teknis yang sulit dipahami oleh orang awam. Kitab ini juga tidak banyak membahas masalah-masalah khilafiyah yang bisa menimbulkan perbedaan pendapat di antara para ulama.

- Kitab ini mencakup seluruh ayat-ayat Al-Quran dari surat al-Fatihah hingga surat an-Nas. Penulisnya tidak melewatkan atau menghilangkan ayat-ayat yang dianggap sulit atau kontroversial. Kitab ini juga tidak membedakan antara ayat-ayat muhkam dan mutasyabih, tetapi menafsirkan semua ayat dengan cara yang sama.

- Kitab ini mengandung banyak faedah dan hikmah yang bisa diambil oleh para pembaca. Penulisnya sering menyelipkan kisah-kisah teladan, nasihat-nasihat bermanfaat, dan peringatan-peringatan penting yang berkaitan dengan ayat-ayat yang ditafsirkan.

Al-Mahalli adalah seorang ulama yang saleh, zuhud, wara' dan berani membela kebenaran. Beliau menolak menjadi hakim agung karena tidak ingin terlibat dalam urusan dunia. Beliau juga tidak mau menerima hadiah atau pemberian dari para pejabat atau orang kaya. Beliau lebih suka hidup sederhana dan mengabdikan diri untuk ilmu dan ibadah.

Beliau wafat pada tahun 1460 Masehi di Kairo dan dimakamkan di sana. Beliau meninggalkan warisan ilmu yang sangat berharga bagi umat Islam. Semoga Allah merahmati beliau dan memberikan beliau tempat yang mulia di sisi-Nya. Amin.

Download Tafsir Jalalain

Posting Komentar