PENGHAPAL AL-QURAN PERTAMA

Al-Qur'an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat terbesar dan pedoman hidup bagi umat Islam. Al-Qur'an diturunkan secara bertahap selama 23 tahun melalui perantara Malaikat Jibril. Al-Qur'an tidak hanya dibaca dan dipahami, tetapi juga dihafal oleh para sahabat Nabi dan generasi setelahnya.

Menghafal Al-Qur'an adalah salah satu ibadah yang memiliki keutamaan besar di dunia dan akhirat. Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." (QS. Al-Hijr: 9). Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Bukhari).


Siapa saja penghafal Al-Qur'an pertama dalam sejarah Islam? Berikut ini adalah tiga di antaranya:

1. Zaid bin Tsabit RA. Beliau adalah salah satu sahabat Nabi yang masuk Islam saat usia 11 tahun. Beliau dikenal sebagai penulis wahyu dan ahli ilmu faraidh (pembagian warisan). Beliau juga ditugaskan oleh Abu Bakar RA untuk mengumpulkan lembaran-lembaran Al-Qur'an menjadi satu mushaf setelah banyak penghafal Al-Qur'an gugur dalam perang Yamamah. Beliau wafat pada tahun 45 atau 51 H.

2. Ubay bin Ka'ab RA. Beliau adalah salah satu sahabat Anshar yang berasal dari Bani Khazraj. Beliau termasuk orang pertama yang memeluk Islam dan melakukan bai'at Aqabah. Beliau juga termasuk orang pertama yang mencatat ayat-ayat Al-Qur'an dalam bentuk tulisan. Beliau memiliki mushaf khusus dengan susunan sendiri dan termasuk anggota musyawarah yang dibentuk oleh Abu Bakar RA.

3. Abdullah bin Mas'ud RA. Beliau adalah salah satu sahabat Nabi yang masuk Islam sebelum hijrah ke Madinah. Beliau dikenal sebagai ahli tafsir dan fiqih. Beliau juga termasuk penghafal Al-Qur'an yang paling banyak menguasai bacaannya. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa ingin membaca Al-Qur'an sebagaimana diturunkan, maka bacalah sebagaimana dibacakan oleh Ibn Ummi Abd (Abdullah bin Mas'ud)." (HR. Muslim).

Demikianlah tiga penghafal Al-Qur'an pertama dalam sejarah Islam yang patut kita teladani dan hormati. Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan kita.

Posting Komentar