LAHIR DAN BATIN

Makna lahir Al-Quran adalah makna yang tampak dari lafazh atau redaksi Al-Quran yang dapat dipahami dengan menggunakan ilmu-ilmu bahasa, seperti nahwu, sharaf, balaghah, dan lain-lain. Makna lahir Al-Quran juga disebut dengan makna zhahir, bayani, atau tafsili. Makna lahir Al-Quran adalah dasar untuk memahami makna batin Al-Quran.

Makna batin Al-Quran adalah makna yang tersembunyi di balik lafazh atau redaksi Al-Quran yang tidak dapat dipahami dengan hanya menggunakan ilmu-ilmu bahasa, tetapi membutuhkan ilmu-ilmu lain, seperti ilmu tauhid, akhlak, tasawuf, dan lain-lain. Makna batin Al-Quran juga disebut dengan makna bathin, irfani, atau ta'wili. Makna batin Al-Quran adalah tujuan akhir dari memahami Al-Quran.


Para ulama berbeda pendapat tentang bagaimana memahami makna lahir dan batin Al-Quran. Perbedaan ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

- Perbedaan metode penafsiran Al-Quran, seperti tafsir bi al-ma'tsur (berdasarkan riwayat), tafsir bi al-ra'yi (berdasarkan pendapat), tafsir bi al-isharah (berdasarkan isyarat), tafsir bi al-dirayah (berdasarkan pemahaman mendalam), dan lain-lain.

- Perbedaan sumber penafsiran Al-Quran, seperti Al-Quran itu sendiri, hadits Nabi SAW, ijma' ulama, qiyas, akal, kasyf, dan lain-lain.

- Perbedaan pemahaman tentang kata-kata yang digunakan dalam Al-Quran, seperti kata-kata yang memiliki beberapa makna, kata-kata yang memiliki makna hakiki dan majazi, kata-kata yang memiliki makna mutlak dan muqayyad, dan lain-lain.

- Perbedaan konteks sejarah, sosial, budaya, dan intelektual para ulama dalam memahami Al-Quran.

Perbedaan pendapat para ulama tentang makna lahir dan batin Al-Quran bukanlah sesuatu yang harus dipermasalahkan atau diperselisihkan. Perbedaan ini justru menunjukkan kekayaan dan keindahan Al-Quran yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Perbedaan ini juga menunjukkan keberagaman dan kecemerlangan para ulama dalam menggali hikmah dan rahasia Al-Quran. Perbedaan ini harus disikapi dengan sikap saling menghormati dan menghargai serta berusaha untuk mencari titik temu dan persamaan di antara perbedaan tersebut.

Posting Komentar